Sunday, August 29, 2010

Sepenggal Cerita dari Mesjid Al Alam Marunda By Ki Anom

Bagi masyarakat marunda dan betawi khususnya mesjid Al Alam  Marunda mempunyai nilai sejarah dan legenda yang cukup penting. Mesjid yang hanya berukuran 64 m2 yang mempuyai dinding yang tebal dan di topang oleh 4 pilar yang cukup besar namun pendek megesankan mesjid tersebut sangat kokoh. Belum lagi kusen jendela yang cukup tebal yang terbuat dari kayu ulin menambah kekarrnya masjid tersebut.

Menurut cerita dan beberapa catatan sejarah mesjid tersebut didirikan oleh wali songo, ketika beliau melakukan perjalan dari banten menuju ke daerah Demak. Namun ada juga yang menyebutkan bahwa mesjid tersebut didirikan oleh Fatahilah sekitar tahun 1527 bersama pasukannya guna menghadang tentara Portugis.

Mesjid yang didirikan ratusan tahun itu awalnya berada di bibir pantai di tengah hutan bakau, namun saat ini berada di tengah perkampungan yang cukup padat. Dan sekarang mesjid tersebut telah menjadi salah satu cagar budaya DKI Jakarta.

 Konon menurut cerita mesjid tersebut didirikan hanya dalam tempo satu malam, oleh pasukan Fatahilah...dan beredar beberapa cerita dari masyarakat marunda mesjid tersebut menyimpan beberapa ke ajaiban. Salah satunya adalah pendekar betawi yang sangat kesohor yang hidupdi jaman penjajahan Belanda si Pitung Sering bersembunyi di mesjid ini untuk bersembunyi dan tidak kelihatan jika berada di mesjid tersebut.

Karena sejarahnya dan legendanya yang cukup melekat di masyarakat betawi, maka jangan heran kalo mesjid ini banyak di kunjungi oleh para pejiarah tidak hanya dari jakarta, tapi dari seluruh penjuru negri ini.

Satu hal lagi yang cukup mengherankan dan menakjubkan bagi penulis dan masih bisa kita saksikan  sampai sekarang adalah keberadaan sumur yang berada di sebelah kiri mesjid tersbut. yang konon sumur tersebut pernah di tutup. Namun saat ini sumur tersebut  masih bisa di gunakan, mempunyai air yang sangat jernih dan menyegarkan walaupun lokasinya dekat dengan pantai, bahkan berada di bibir pantai, dari beberapa cerita masyarakat sekitar air sumur tersebut punya khasiat bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit,
walohu alam kebenarannya...... 

Terlepas dari benar tidaknya cerita legenda yang menyertainya, satu hal yang pasti adalah mesjid tersebut adalah salah satu bukti peninggalan sejarah yang cukup penting. Yang bisa kita rekam sejarahnya bahwa umat islam di negeri ini punya peran yang cukup penting, di dalam perjalan sejarah bangsa ini.

Yang jadi pertanyaan kita sekarang adalah, sudah sejauh mana kita memberikan sumbangsih bagi agama dan negeri tercinta.........ini .....

No comments: