Wednesday, December 29, 2010

Piala AFF : Nonton Bareng Di Warung Kopi

Suasana Nonton Bareng Di Warung Kopi Nana
By ; Mr. Ong

Piala AFF tahun 2010 mendapatkan perhatian penuh dari masyarakat pencinta bola Indonesia, tahun 2010 ini masyarakat bola Indonesia benar - benar di kejutkan dengan prestasi anak bangsa team garuda, merah putih di ajang sepak bola seAsia Tenggara, yang dulunya di kenal dengan piala Tiger. Betapa tidak dari babak penynisihan hingga mencapai pinal team garuda ini  tidak pernah di kalahkan, padahal Indonesia berada di group Neraka, Indonesia harus berhadapan dengan laos, malaysia, dan Thailan.

Berkat asuhan pelatih Alfred Riedl dari Austria, team Indonesia telah menampilkan permainan yang menawan. Yang awalnya setiap pertandingan sebak bola Indonesia  selalu sepi dari penonton, berkat ramuan dari pelatih Alfred Riedl  sepak bola di Indonesia telah menjelma menjadi daya tarik yang luar biasa dan menjadi trend perbincangan masyarakat Indonesia.


Pemain pemain nasional yang relatif lebih muda di tambah beberapa orang pemain Naturalisasi, Cristian Gonzalez dan Irfan Bahdhim telah membawa angin segar bagi persepak bolaan Indonesia. Bahkan dari beberapa pemain muda seperti  Irfan Bahdhim telah menjelma bak selebritis. Dia banyak di elu - elukan sama gadis gadis cantik bahkan artis - artis papan atas Indonesia.

Daya tarik pemain2  Indonesia telah menyedot pencinta bola Indonesia untuk hadir di Gedung Olah Raga Gelora Bung karno, Saking antusiasnya pendukung merah putih ini sampai - sampai panitia kewalahan untuk menyediakan tiket bagi para penonton walaupun tiket tersebut telah di naikan beberapa kali.

Orang bilang sepak bola Indonesia adalah milik rakyat Indonesia (walaupun ada beberapa orang yang mencoba memamfaatkan untuk di tarik ke dunia politik).  dan ini di buktikan ketika final pila AFF di leg kedua antara Indonesia dan Malaysia tetap saja senayan tidak mampu menampung semua seporter Indonesia.
Hari ini Putaran final antara Indonesia lawan Malaysia, Jalan -jalan di ibukota terasa lengang. Karena hampir semua masarakat di Ibukota ini semuanya menonton  pertandingan final Piala AFF.

Ada banyak cara di lakukan masyrakat Indonesia untuk nonton sepak bola final fiala AFF ini, ada yang nonton bareng di mal - mal, di hotel. Bahkan di warung kopi sekalipun. Seperti yang penulis lakukan, penulis nonton bareng di warung kopi. Kemeriahan teriakan dan histeris dari para penonton tidak kalah serunya. Ini menunjukan bahwa sepak bola memang milik masyarakat Indonesia. Tidak peduli seorang Presiden, pejeabat negara maupun tukang ojek, dengan sepak bola mampu menyatukan bangsa ini.

Nonton bareng di warung kopi Nana

Walaupun Indonesia tidak berhasil menggondol Piala AFF, namun putra putra bangsa ini telah menunjukan semangat kebangsaan yang luar biasa dan telah memberikan permainan cantik yang bisa di tonton oleh seluruh masyarakat Indonesia. Walaupun kita tidak berhasil hari ini kita tidak perlu menyesali. Yng penting adalah bagai mana kita ke depan. Kita harus bangkit lagi .

Yang Unik dari pertandingan tadi,adalah adanya  desakan dari seluruh pecinta bola di tanah air untuk melengserkan ketua umum Nurdin kholid. Yang mungkin inilah yang terbaik, karena pada dasarnya PSSI telah gagal membawa Piala AFF, sekaligus gagal menyelenggaran even International ini. Banyak sekali kejadian- kejadian seperti pembelian tiket,.sampai gagalnya  membangun bibit2 sepak bola usia dini.

Memang kalo Indonesia ingin maju persepak bolaannya Indonesia harus berani memberhentikan bung Nurdin, dan ini harga mati,   VIva   PSSI.

No comments: